Oarfish - Ikan "raksasa" lagenda

Pada masa lampau, ketika kereta dan kapal terbang belum dilahirkan, manusia menjelajahi dunia ini dengan kapal laut. Dan sejak saat itu muncullah legenda raksasa laut yang luar biasa. Namun benarkah raksasa laut benar-benar wujud?? Walau bagaimanapun sains belum dapat menentukan secara teliti identiti raksasa-raksasa tersebut, namun kewujudannya masih boleh dipertimbangkan. Ini salah satunya, Regalecus Glesne atau Oarfish.
Jika anda melihat foto di bawah ini, saya rasa anda tidak akan hairan jika ia disebut sebagai raksasa laut..


Ikan ini termasuk ke dalam kategori "rare", sangat jarang ditemui. Ikan ini tidak pernah ditemui dalam keadaan hidup hingga tahun 2001 secara rasminya.
Ia termasuk ke dalam family Regalecidae yang memiliki empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, spesies yang sedang kita lihat ini, pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record karena pernah seekor tertemukan Oarfish yang masih hidup dengan panjang tubuh hingga 11 meter.

Makanannya adalah plankton, makhluk-makhluk kecil dan sebagainya. Ia mampu hidup hingga kedalaman 1.000 meter. Peliknya, ikan ini tidak memiliki sisik. Tubuhnya hanya diselaputi oleh ala ala membran yang disebut guanine.

Ikan ini memiliki sirip tunggal berwarna merah dan termasuk ikan yang penyendiri. Namun ketika ikan ini sedang sakit atau ingin mati, ikan ini tidak ingin mati dalam kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut dan bertahan disitu hingga mati. Mungkin untuk menarik perhatian para pelaut, atau hanya ingin memandang matahari untuk terakhir kalinya.


Para nelayan atau penjelajah masa lampau mungkin telah melihat ikan ini di permukaan dan mempersepsikannya sebagai raksasa laut. Misalnya, pada tahun 1860, ketika seekor Oarfish sepanjang 5 meter terdampar di pantai Bermuda, para penduduk segera mengkaitkannya dengan raksasa laut lagenda.

0 ulasan:

Blog Widget by LinkWithin